Thursday , November 15 2018
Home / Keperawatan

Keperawatan

A.     Profil Program Studi Ilmu Keperawatan

 

B.     Visi

Menjadi lembaga pendidikan tinggi keperawatan sebagai pusat pengembangan ilmu keperawatan dan profesi keperawatan, serta mampu menghasilkan Ners dan ilmuwan keperawatan yang tanggap dan adaptif, mampu meningkatkan pelayanan keperawatan profesional di tingkat nasional dan siap menghadapi tantangan global dengan target pencapaian pada tahun 2020.

 

C.     Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang dikelola secara profesional, efektif, efisien, memegang tinggi budaya akademis dan nilai-nilai ilmiah, serta menghasilkan lulusan berkualitas tinggi sebagai ilmuwan atau praktisi yang beretika, humanis, berpedoman teguh pada hukum, dan mampu berkompetisi ditingkat global.
  2. Melaksanakan dan mengembangkan penelitian keperawatan untuk berkontribusi dalam pengembangkan ilmu pengetehuan dan teknologi keperawatan.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dengan menerapkan dan mengembangkan praktik keperawatan profesional dikomunitas.
  4. Meningkatkan kompetensi dan keilmuan staf edukatif dan non edukatif secara berkesinambungan.
  5. Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan secara bertahap dan berkesinambungan.
  6. Menjalin dan meningkatkan kerjasama secara nasional maupun regional dalam bidang keperawatan yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

 

D.     Tujuan

  1. Tujuan Jangka Pendek
    1. Memiliki staf edukatif dengan kualifikasi akademik magister/master, spesialis serta doktor keperawatan dan non keperawatan.
    2. Memiliki sarana dan prasarana pendidikan yang memadai: Kampus yang representatif,  laboratorium dasar keperawatan, laboratorium keperawatan, mini hospital, laboratorium bahasa, laboratorium komputer, dan internet.
    3. Terlaksana proses pendidikan dan pengajaran yang memegang tinggi budaya akademis, nilai-nilai ilmiah.
    4. Terwujudnya peningkatan kualitas pembelajaran di kelas, di klinik, dan di komunitas/lapangan.
    5. Menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi, beretika, humanis, dan mampu melaksanakan profesinya dengan berpedoman hukum.
    6. Memperoleh akreditasi minimal B pada tahun 2015 oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKES).
  2. Tujuan Jangka Panjang
    1. Menjadi lembaga pendidikan tinggi keperawatan sebagai pusat pendidikan dan penelitian keperawatan.
    2. Bekerja sama dengan organisasi profesi mampu mengembangkan model praktik keperawatan profesional sesuai dengan kultur masyarakat.
    3. Berpartisipasi aktif dan berkesinambungan dalam profesionalisasi keperawatan hingga terwujudnya peningkatan taraf kelayakan hidup perawat.

E.      Penyelenggaraan Program

  1. Program Reguler

Program reguler adalah jenis program pendidikan di PSIK yang menerima mahasiswa melalui jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang berasal dari lulusan SMU. Mahasiswa wajib mengikuti seluruh tahap program pendidikan Ners yang terdiri atas tahap akademik dan tahap profesi.
Tahap program akademik dijadwalkan dalam 8 semester dengan beban studi 146 sks untuk mata kuliah wajib ditambah minimal 2 sks mata kuliah pilihan. Sedangkan tahap profesi dijadwalkan selama kurang lebih 49 minggu (2 semester) dengan beban studi 36 sks.

Setelah menyelesaikan tahap akademik, mahasiswa dapat mengikuti wisuda dan berhak memperoleh gelar Sarjana Keperawatan (S.Kep). Selanjutnya mahasiswa wajib melaksanakan Kepaniteraan yang merupakan persyaratan untuk mengikuti tahap profesi. Setelah mahasiswa menyelesaikan tahap profesi, mahasiswa akan diwisuda dan wajib mengikuti Angkat Sumpah serta berhak memperoleh sebutan Ners (Ns.) dan akan diakui sebagai perawat profesional (Professional Nurse).

 

  1. Program Lintas Jalur/Alih Program

Mahasiswa wajib mengikuti seluruh tahap Program Pendidikan Ners yaitu tahap Program Akademik dan Program Profesi. Pada tahap program akademik memiliki beban studi sebesar 80 sks untuk mata kuliah wajib dalam 4 semester. Sedangkan tahap profesi dijadwalkan kurang lebih 48 minggu (2 semester) dengan beban studi 36 sks.

Setelah menyelesaikan tahap akademik, mahasiswa dapat mengikuti wisuda dan berhak memperoleh gelar Sarjana Keperawatan (S.Kep). Setelah mahasiswa menyelesaikan tahap Profesi, mahasiswa akan diwisuda dan wajib mengikuti Angkat Sumpah serta berhak memperoleh sebutan Ners (Ns.) dan akan diakui sebagai perawat profesional (Professional Nurse).

 

F.    Organisasi

Ketua Prodi Ilmu Keperawatan

Sek Prodi Ilmu Keperawatan

:

:

 

 

 

Departemen:

   
  1. Departemen DKKD
:  

 

 

  1. Departemen KMB KGD
:  

 

 

  1. Departemen Maternitas Anak
:  

 

 

  1. Departemen Jiwa Komunitas Gerontik
: